Minggu, 16 September 2012

Tools Pemrograman Web dan Database

hai hai...setelah lama ga sempet posting akhirnya ada waktu juga buat posting..hehe.Postingan ane kali ini tentang Tools Pemrograman Web dan Database..Jadi ceritanya nih ane disuru sama dosen cari artikel tentang itu ..Nah suru posting ke blog,,,sambil menyelam minum arak air sekalian aja deh ane share buat kalian kalian semua.. :D
okey lets cekidot

Tools Pemrograman Web dan Database
Ada beberapa macam tools pemrograman web database.Seperti PHP,MySQL dan Xampp.

PHP
PHP adalah PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server atau bisa disebut juga server-side scripting.Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs Personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.PHP dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi, misalnya Windows, LINUX, dan Mac OS.Sedangkan pada server PHP dapat digunakan di apache,Microsoft IIS, Caudium, PWS , dan lain-lain.Sistem manajemen database yang sering 
digunakan bersama PHP adalah MySQL.Hingga kini, PHP sudah berkembang hingga versi 5. PHP 5 mendukung penuh Object-Oriented Programming (OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST , serta ratusan peningkatan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya secara gratis.

Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

* Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
* Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
* Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
* Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
* PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/1850549-pemrograman-web-database/#ixzz26hX2wXM0
 

MySQL
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License) dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.Jadi MySQL ini bersifat open source.MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.MySQL juga bersif at relasional. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi lebih cepat.Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.

Sumber: 
http://iptkj.web.id/Thread-PENGERTIAN-PHP-dan-MYSQL 

XAMPP

XAMPP merupakan sebuah tool yang menyediakan beberapa paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal XAMPP, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi dan kon figurasi web server Apache, PHP, dan MySQL secara manual.XAMPP akan secara otomatis menginstall dan mengkonfigurasi web server tersebut.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/1850549-pemrograman-web-database/#ixzz26hZrxr9a


Eniwei segitu aja deh postingan ane..hehhe...semoga bermanfaat ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar